DOWNLOAD PROGRAM KERJA BIMBINGAN DAN KONSELING SMP ( KOMPREHENSIF ) KURIKULUM 2013



Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 butir (1) menegaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untukkon memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa,dan negara.
konselor disekolah memikul tanggung jawab untuk menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling dengan sebaik-baiknya. sesuai dengan pengertian bimbingan dan konseling dalam SK Mendikbud No. 025/0/1995, bahwa bimbingan dan konseling di sekolah adalah proses pemberian bantuan khusus yang di berikan kepada semua peserta didik di dalam memahami diri, mengarahkan diri, bertindak serta bersikap sesuai dengan tuntutan dan keadaan sekolah, keluarga dan masyarakat dalam rangka mencapai perkembangan yang optimal.
Program bimbingan yang baik tentunya berorientasi pada kebutuhan yang dirasakan oleh para peserta didik/sekolah seba­gai lembaga pendidikan, keadaan serta kemampuan sekolah  yang bersangkutan. Oleh sebab itu setiap tahun program perlu disusun kembali dengan membuat prioritas-prioritas layanan atau kegiatan yang benar-benar dibutuhkan peserta didiknya.  Kon­sultasi dengan Kepala Sekolah dan rekan-rekan guru sangat diperlukan di dalam memperoleh masukan-masukan sebagai bahan penyusunan program bimbingan.
Penyusunan program Bimbingan dan Konseling ini berdasarkan silabus dan kurikulum berbasis kompetensi dan garis besar program layanan bimbingan dan konseling untuk pengembangan diri. Penyusunan program ini didahului dengan need assesmen, studi kelayakan dan konsultasi program pada pihak-pihak terkait, agar dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dan pihak-pihak lain yang berkompeten.
silahkan downloan program kerja bimbingan dan  konseling di link berikut:


  1. struktur program layanan bimbingan dan konseling
  2. program tahunan, semester dan bulanan
  3. satuan kegiatan layanan bimbingan dan  konseling 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "DOWNLOAD PROGRAM KERJA BIMBINGAN DAN KONSELING SMP ( KOMPREHENSIF ) KURIKULUM 2013 "

  1. terimakasih bapak/ibu ..sy dapat mendownload materi diatas karena baru mendapatkan tugas tambahan di BK/BP betul2 ilmu yang baru untuk sy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. mohon masukannya juga MB. Demi perbaikan di masa mendatang

      Hapus