satlan BK Kelompok "Membuat Menara"
SATUAN
KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
No Kegiatan
|
01
|
Nama Kegiatan
|
Membuat menara
|
Bidang Bimbingan
|
Bimbingan
pribadi/sosial/karir
|
Standar kompetensi
|
Menata tujuan dan
hasil yang ingin dicapai
|
Tujuan
|
1. Siswa
mampu bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.
2. Siswa
mampu membuat keputusan untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai.
|
Topik/materi
|
bekerjasama !!!!
|
Kelas/waktu/semester
|
VIII/1 x 45 menit/
genap
|
Teknik/strategi
layanan
|
Bimbingan
kelompok/diskusi/ permainan
|
Media/alat yang digunakan
|
Kartu, kursi/meja
|
Prosedur
|
|
1.
Tahap awal
|
a. Konselor
menciptakan suasana interaksi yang kondusif untuk mencapai tujuan permainan.
b. Konselor
dan siswa mengembangkan komitmen agar proses permainan dapat berjalan dengan
baik.
c. Konselor
menjelaskan secara singkat mengenai bekerjasama.
d. Konselor
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada yang belum
jelas.
|
2.
Tahap peralihan
|
a. Konselor
mencairkan suasana dan memantapkan kseiapan konseli untuk memasuki permainan
dengan kegiatan ice breaking “opposite”
1) Konselor
mengarahkan siswa untuk berdiri dari bangkunya.. dan membuat jarak diantara
kawan.
2) Lalu
konselor menjelaskan tentang permainan opposite. Yaitu “kebalikan”. jika konselor mengatakan opposite maju maka konseli
mundur, jika jongkok maka berdiri, gerakan ini dilakukan dengan meloncat. Dan
seterusnya... “ingat” jika tidak ada kata “opposite” maka gerakan jadi normal... misalnya : maju maka
konseli tetap maju...
3) Konselor
mencatatan beberapa nama yang melakukan kesalahan dan nanti diminta untuk
memainkan permainan membuat menara.
4) Setelah
mendapatkan beberapa konseli, lalu konselor membentuk nya menjadi beberapa
kelompok , satu kelompok terdiri dari 3-4
orang.
5) Mekanisme
pembentukan kelompok berdasarkan urutan tanggal lahir dari terkecil..
misalnya ada tanggal 1, 5, 13, 22, 15, 22.. nah yang tanggal 1, 5, 13 itu
satu kelompok dan 15, 22, 22 itu satu kelompok.
6) Konselor
menjelaskan aturan permainan Membuat menara, yaitu konselor membagikan satu
atau 2 kotak kartu kepada masing-masing kelompok, sebelum konselor
memerintahkan untuk mulai maka permainan belum dimulai. waktu yang di berikan
full sampai ada salah satu kelompok yang berhasil menyusunnya. Bentuk menara
tidak di tentukan, yang jelas harus menghabiskan kartu yang ada. kreasi
masing-masing kelompok.
7) Lalu
konselor meminta siswa untuk menyediakan 2 atau 3 kursi/meja sebagai tempat
membuat menara.
8) Konselor
memberikan isyarat bahwasanya permainan membuat menara ini akan segera
dimulai.
|
3.
Tahap kerja
a. Eksperientasi
b. Identifikasi
c. Analisa
d. generalisasi
|
a. konselor
mempersiapkan kelompok yang akan bermain membuat menara dengan aba-aba...
siap.... mulaiiii
b. setiap
siswa melakukan kegiatan bermain membuat menara secara berkelompok
a. bagaimana
perasaaan anda setelah melakukan ice breaking ?
b. apa
yang anda rasakan ketika bermain membuat menara?
c. Apa
anda/kalian mengalami kesulitan dalam membuat menara dengan kartu ini?
d. Apa
kendala dan pendukung kalian dalam game ini?
e. Bagaimana
perasaan anda/kalian ketika melakukannya? Senang? Susah? Pusing?
f. Apakah
kalian ingin mencoba permainan ini juga?
a. Apakah
dengan kegiatan ini kalian dapat pemahaman baru?
b. Jika
ada ? pemahaman apa itu?
c. Makna
dari pemahaman ini apa menurut anda?
a. Apa
rencana kalian setelah bermain permainan ini? setelah anda tahu cara
bekerjasama, cara berkomunikasi dengan kawannya?
b. Langkah
apa yang akan kalian ambil untuk dapat melatih kerjasama dan komunikasi
dengan baik.?
|
4.
Tahap penutup
a. Refleksi
umum
b. Tindak
lanjut
|
a. Coba
kalian sebutkan cara untuk bekerjasama dengan baik?
b. Senang
atau tidak kalian jika pekerjaan dikerjakan bersama-sama? Enak mana dengan
yang dikerjakan sendiri?
a. Kapan
kalian akan mulai menerapkan kerjasama ini?
b. Apakah
kalian akan menerpakannya dalam kehidupan sehari-hari anda?
|
5.
evaluasi
|
a. konselor
mengamati ekspresi wajah dan gestur konseli selama kegiatan maupun setelah
dan sebelum kegiatan berlangsung.
b. Kegiatan
ini dapat menstimulus pada konseli untuk dapat bekerjasama dan meningkatkan
komunikasi interpersonal
c. Siswa
belajar menghargai orang lain.
d. Siswa
sadar bahwa demi mencapai sesuatu itu tidak mudah dan butuh perjuangan dan
waktu serta kerjasama.
|
Daftar pustaka
materimateri kerjasama |
Yogtyakarta, 3
Juni 2013
Mengetahui :
Koordinator BK SMP................... Guru
BK
Prof.
Dr. Ir. Wwwwwww. Dr.
Saifudin, WKWK
0 Response to "satlan BK Kelompok "Membuat Menara""
Posting Komentar