SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING " keterampilan belajar"
SATUAN
KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Nama
Kegiatan
|
Test
7 Menit
|
Bidang
Bimbingan
|
Bimbingan
Belajar
|
Standar
Kompetensi
|
Keterampilan
Belajar
|
Tujuan
|
a.
Agar siswa memiliki pemahaman
tentang cara mengatur waktu belajar yang efisien
b.
Agar siswa mengetahui pentingnya
mengatur waktu belajar yang efisien
c.
Agar siswa dapat meningkatkan
pola belajar yang efektif
|
Topik
/ Materi
|
Cara
mengatur waktu belajar yang efisien
|
Kelas
/Waktu /Semester
|
VII/1
x 40 menit/I
|
Strategi
layanan/ Teknik
|
Bimbingan
Kelompok/ Diskusi/Permainan
|
Media/
Alat yang digunakan
|
Lembar
soal,Pulpen
|
Prosedur / Langkah-Langkah
|
|
1.
Tahap Awal
|
a.
Konselor menciptakan suasana
interaksi yang kondusif dengan siswa untuk dapat mencapai tujuan permainan.
b.
Konselor bersama-sama dengan
siswa menyepakati komitmen dengan tujuan agar permainan yang akan dilakukan
dapat berjalan dengan baik
c.
Konselor memberikan penjelasan
dan pemahaman tentang cara belajar yang efisien
d.
Konselor memberikan kesempatan
pada siswa untuk bertanya apabila terdapat hal-hal yang belum dipahami
|
2.
Tahap Transisi / Peralihan
|
a.
Konselor menciptakan suasana yang
kondusif dengan mengamati kesiapan para siswa untuk mengikuti permainan
dengan kegiatan Ice Breaking Gajah Semut
b.
Konselor memberikan penjelasan
tentang aturan permainan Gajah Semut.
1. Konselor
mengarahkan para siswa untuk mengucapkan kata “ Gajah” dan kata “Semut”.
2. Pada
saat mengucapkan kata “ Gajah”
kedua tangan membentuk lingkaran kecil.sambil berkata “besar”
3. Pada
saat mengucapkan kata “semut”
kedua tangan membentuk lingkaran besar.sambil berkata “kecil”
4. Bagi
siswa yang melakukan kesalahan saat mengikuti permainan diminta untuk
menyebutkan salah satu nama teman yang paling disukai karena ia rajin
belajar.
c.
Konselor memberikan aba-aba untuk
memulai permainan dan semua siswa diwajibkan mengikuti panduan instruksi
seperti yang telah disepakati.
d. Konselor
memberikan isyarat sebagai tanda bahwa permainan akan dimulai.Kemudian
setelah ice breaking dilakukan beberapa saat Konselor memilih beberapa siswa
untuk mengikuti permainan TEST 7
MENIT.
e.
Konselor memberikan penjelasan
tentang aturan permainan TEST 7 MENIT
yakni
1. Siswa
diminta untuk membaca soal yang disediakan dengan teliti dan mengerjakan
semua soal dalam waktu 7 menit
2. peserta yang paling cepat dan banyak benar, akan mendapatkan reward.
3. Jawaban
dari pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis di belakang lembar soal yang
tersedia.
4. Daftar
pertanyaannya adalah sebagai berikut :
a. tulis nama anda di sebelah kanan bawah
b. tulis tanggal lahir anda di sebelah kiri atas serta lingkarilah
c. tulislah dimana anda tinggal (alamat rumah) dengan menggunakan huruf besar.
d. tulis dua guru favorit anda
e. tulis mata pelajaran yang anda senangi
f. jika anda mempunyai HP, tuliskan nomor anda
g. tuliskan tiga mekanan yang anda suka
h. majulah anda ke depan kelas, lalu berteriaklah dengan suara keras AKU LULUS UN
i. jika sudah menjawab soal G, kemudian tuliskan cita-cita anda di sebelah pojok kanan bawah
j. segera berdiri dan tepuk bahu kawan anda sebelah kanan lalu tersenyumlah.
k. katakan : teman, aku udah siap, mengapa kamu lamban? aoa ada yang bisa saya bantu?
l. sambil menuju tempat duduk berteriaklah yes yes yes aku tercepat.
m. beri tanda tangan di tengah kertas dan kumpulkan kepada guru anda. dan kembali ketempat duduk dengan tenang.
n. berteriaklah saya sangat sigap dalam mengerjakan segala hal.
o. tepuk tangnlah anda sebanyak 5 kali jika anda telah siap menjawab soal
p. hehe kerjakan hanya untuk soal M, G, E
q. tulislah empat nama dari teman anda yang dekat dengan anda
r. tulislah tiga tokoh/artis yang anda idamkan
5. Setelah
permainan test 7 menit selesai dilakukan konselor meminta perwakilan dari
siswa untuk menyampaikan komentar tentang permainan ini secara singkat.
|
3.
Tahap Kerja
a. Eksperientasi
|
a.
Konselor mempersiapkan siswa
dengan memberikan aba-aba 1 2 3 mulai
b.
Setiap siswa melakukan kegiatan
permainan TEST 7 MENIT
|
b. Identifikasi
|
a.
Apakah anda mengalami kesulitan
dalam mengikuti permainan ini?
b.
Apa yang anda rasakan saat
memainkan permainan ini?
c.
Adakah kesulitan yang anda temui
saat mengikuti instruksi permainan?
d.
Apakah ada kesulitan dalam
mengikuti ice breaking?
|
c. Analisa
|
a.
Apakah hasil dari kegiatan ini
dapat menumbuhkan pemahaman baru bagi anda?
b.
Manfaat apa yang anda peroleh?
c.
Apa makna dari kegiatan ini?
d.
Apa yang dapat anda simpulkan
dalam kegiatan ini?
|
d. Generalisasi
|
a.
Apa rencana anda setelah
mengetahui cara mengatur waktu belajar yang efisien?
b.
Langkah apa yang akan anda ambil
untuk dapat menciptakan waktu belajar yang efisien?
|
4.
Tahap Penutup/Terminasi
|
|
a. Refleksi
Umum
|
a.
Jelaskan bagaimana
langkah-langkah mengatur waktu belajar yang efisien!
b.
Sebutkan alasan mengatur waktu
belajar secara efisien!
c.
Kapan anda akan mulai menerapkan
|
b. Tindak
Lanjut
|
d.
Kapan anda akan mulai menerapkan
pola belajar yang efisien dalam kehidupan sehari-hari?
|
Evaluasi
|
a. Konselor
berupaya untuk dapat mengamati bagaimana ekspesi wajah,dan gerak siswa
sebelum,selama dan setelah kegiatan ini berlangsung
b. Setiap
siswa belajar untuk dapat fokus dan berkonsentrasi dalam mengikuti instruksi.
c. Setiap
siswa belajar untuk dapat memahami perintah dalam mengerjakan soal sehingga
mereka dapat mengatur waktu seefisien mungkin.
|
Sleman, Juni 2013
Praktikan
Rahmawati
Indriyani
RANGKUMAN
MATERI CARA MENGATUR WAKTU BELAJAR YANG EFISIEN
Tugas
utama seorang pelajar adalah belajar.Kegiatan belajar dapat dilakukan dimana
saja,baik disekolah maupun dirumah.Waktu belajar disekolah kurang lebih adalah
selama 7 jam/hari.Sementara waktu belajar dirumah ditentukan oleh masing-masing
individu,dimana penggunaan waktu belajar secara tepat dan efisien dapat
membantu meningkatkan keberhasilan belajar seseorang.
A. Pengertian Belajar
Belajar
adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku yang baru secara
keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi
dengan lingkungan.
Pengertian efisien
Efisien
berarti mampu menjalankan tugas dengan tepat,cermat,serta berdaya guna,dengan
tidak membuang-buang waktu.
Belajar Efisien
Belajar
efisien adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh
suatu perubahan tingkah laku secara
keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu secara tepat,cermat,berdaya guna
dan tidak membuang-buang waktu.
Perlunya Mengatur Waktu
Belajar Yang Efisien
Perlunya
mengatur waktu belajar yang efisien bagi siswa di sebabkan oleh beberapa hal
antara lain :
a. Agar
lebih memaksimalkan kinerja siswa dalam belajar.
b. Agar
siswa dapat memiliki pola belajar yang baik,guna memberikan hasil belajar yang
baik pula.
c. Dengan
dimilikinya pola belajar yang efisien diharapkan tidak ada waktu belajar yang
terbuang sia-sia.
B. Langkah-Langkah Menyusun Waktu
Belajar Yang Efisien
Agar para siswa dapat menggunakan waktu
belajar secara efisien,Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan antara
lain :
1.Menyusun
daftar kegiatan belajar.
Kegiatan
ini mencakup menentukan kegiatan yang akan dilakukan selama satu hari.meliputi
: kegiatan sekolah pada hari itu,tugas-tugas sekolah yang harus diselesaikan
dirumah,dan kegiatan belajar lainnya.(mempelajari buku paket,membuat
ringkasan,persiapan diri menghadapi ulangan).
2.Menetapkan
Waktu Belajar.
Masing-
masing individu memiliki kebiasaan belajar
yang berbeda.ada individu yang dapat belajar dengan baik pada waktu sore hari,ada yang malam hari,dan
bahkan dapat belajar dengan baik pada waktu pagi hari.Dengan menetapkan waktu
belajar tertentu yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing
individu,diharapkan akan dapat terbentuk suatu kebiasaan belajar yang baik.
3.Bertanya
pada diri sendiri tentang pelajaran yang dianggap sulit dan pelajaran yang
dianggap mudah.
Hal
ini disebabkan karena adanya perbedaan tingkat pemahaman dan daya serap
masing-masing siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
4.Mata
pelajaran yang dianggap sulit hendaknya dipelajari lebih lama.
Hal
ini dimaksudkan agar pelajaran yang di anggap sulit dan kurang dikuasai
tersebut benar-benar dapat dipahami serta dikuasai dengan baik.
5.Memberikan
waktu belajar yang cukup untuk setiap mata pelajaran.
6.Mengupayakan
untuk dapat mepelajari ulang materi yang baru saja diberikan .
Yakni dengan cara membaca kembali pelajaran
yang baru saja diberikan sebelum menghadapi pelajaran berikutnya.
7.Mempelajari
mata pelajaran sesering mungkin.
8.Jangan
menyia-nyiakan waktu luang.
Misalnya
apabila ada mata pelajaran tertentu yang kosong disebabkan karena guru yang
bersangkutan tidak hadir,jam pelajaran habis sebelum waktunya,dll,ada baiknya
waktu yang tersedia dipergunakan untuk membaca,diskusi atau belajar.
SUMBER : Buku Bimbingan Pribadi,Sosial,Belajar
dan Karier.Karya
Rudi MulyatiningsihThn.2004.
0 Response to "SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING " keterampilan belajar""
Posting Komentar