Panduan E rapor SMP

Seiring dengan perkembangan jaman, maka semakin canggih pula sistem output penilaian dalam dunia pendidikan. diantaranya adalah dengan di keluarkannya raport elektronik. atau disebut juga dengan E rapor.
Berikut merupakan aplikasi dan panduan E raport untuk SMP tahun 2017 yang rilis bulan agustus. Aplikasi eRapor ini merupakan aplikasi resmi dari Direktorat pembinaan smp, dirjen dikdasmen kemendikbud.


Pandan ini berisikan tentang aplikasi e raport berbasis web, memuai tentang mekanisme penggunaan dan kewenangan penggunaan aplikasi ini. dalam panduan ini secara rinci di paparkan tentang penggunaan E rapot untuk admin sekolah yang disini adalah admin dapodik sekolah, guru mata pelajara, guru bimbingan dan konseling (BK), wali kelas, dan siswa (peserta didik). 

Buku panduan ini memberikan informasi yang bagi pendidik dan satuan pendidikan dalam menggunakan aplikasi e rapor dalam hal perencanaan dan pelaksaan suatu penilaian, pengolahan dan pemanfaatan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik. 
Aplikasi ini berbasis WEB, dimana satu sekolah hanya cukup menginstal satu aplikasi saja pada komputer yang digunakan sebagai komputer server sekolah. Sedangkan klien ( admin, guru, wali kelas, siswa, kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses nya melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan LAN ataupun WLAN ( internat) dengan menggunakan web browser. tentunya setelah memiliki Id login.
Aplikasi ini terintegrasi dengan basis data pada data dapodik. sehingga kita tidak lagi menginput data rapot pada dapodik. tapi kita dapat menariknya dari e rapor ini. alur data tersebut dapat di jelaskan dalam gambar ini:


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan E rapor SMP"

Posting Komentar