CONTOH SOAL SKB BIMBINGAN DAN KONSELING CPNS 2019


KUMPULAN SOAL SKB -TKB GURU BIMBINGAN DAN KONSELING CPNS 2019
Pada tahun 2018 pemerintah secara besar-besaran membuka lowongan CPNS yaitu sebesar 238.015 formasi. Jumlah ini terdiri dari 51.271 untuk instansi Pusat baik Kementrian ataupun Lembaga dan sisanya sekitar 186.744 formasi untuk instansi Daerah. Sebanyak 122.000 formasi disediakan untuk tenaga guru dan dosen. Formasi 122.000 itu dibagi atas 88.000 formasi untuk guru kelas Sekolah dasar dan Guru mapel di instansi pemda, dan 12.000 untuk guru madrasah di kementrian agama dan sisanya adalah dosen di kemenag dan kemenristekdikti.
Pada tahun 2019 ini, para pelamar harus melewati beberapa tahap tes diantaranya adalah tes adminstrasi, tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Sampai saat ini para pelamar sudah memasuki tahapan tes SKD, walaupun ada beberapa instansi yang belum melaksankan tes SKD tersebut. Tes SKD ini terdiri dari 100 butir soal yang dibagi menjadi tiga sub bagian yaitu 30 soal untuk Tes Intelegensi Umum (TIU), 35 Soal untuk tes Wawasan kebangsaan (TWK) dan 35 Soal untuk Tes karakteristik Pribadi (TKP). Pelamar dinyatakan lulus SKD apabila ketiga sub tersebut berada di atas ambang batas minumum. 
Setelah dinyatakan lulus SKD, maka peserta akan melaksanakan tes yang ketiga yaitu Seleksi kompetensi bidang (SKB). Pada tahap Seleksi kompetensi bidang (SKB) ini para pelamar akan diuji sebatas mana kemampuan bidang nya karena soal Seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah soal-soal berkaitan dengan bidang jurusannya. jadi Seleksi kompetensi bidang (SKB) setiap jurusan pasti beda soal.
Soal-soal Seleksi kompetensi bidang (SKB) mencakup wawasan seorang guru dalam bidang pengajaran dan  juga mencakup wawasan seorang pendidik ataupun formasi lainnya dalam memberikan ilmu pengetahuan dan pendidikan terhadap anak didiknya. materi dalam Seleksi kompetensi bidang (SKB) ini berkaitan dengan kompetensi, kemampuan dan kecakapan seorang tenaga pengajar. misalnya guru IPA ya bagian IPA dan seterusnya. 
Kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai Seleksi kompetensi bidang (SKB) untuk guru Bimbingan dan koneling jenjang SMP/SMA/K. Seleksi kompetensi bidang (SKB) guru bimbingan dan konseling  tidak akan lepas dari 4 kompetensi pendidik yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. 
Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan seorang guru dalam mamahami proses pembelajaran. baik cara mengajar, hambatan mengajar dan lain sebagainya. sehingga keadaan ketika KBM berlangsung akan berjalan dengan lancar dan komunikasi massal terjadi dengan maksimal.
Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan seorang pendidik dalam mengelola hidupnya di lingkungan masyarakat. dalam praktiknya seorang pendidik harus menunjukkan sikap dan pribadi yang positif. dengan filosofi digugu dan ditiru.
Kompetensi Sosial adalah kemampuan pendidik dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik baik kepada warga di dalam sekolah maupun dengan warga diluar sekolah.
Kompetensi profesional adalah kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar. 
Berikut ini adalah contoh soal SKB-TKB bimbingan dan konseling beserta jawabannya:

1. Program bimbingan di sekolah hendaknya.......
a.Bagian yang terpisah agar mudah mengaturnya
b.Bagian yang terintegrasi dari program pendidikan 
c.Adalah kegiatan bersifat sementara
d.Dilakukan oleh lembaga khusus bimbingan

2. Pengawasan dalam pelaksanaan bimbingan dilakukan dengan teratur agar kegiatan bimbingan dapat......
a.Terjamin keberhasilannya
b.Terkendali prosesnya
c.Tararah pada tujuan 
d.Mudah dilaksanakan

3. Upaya yang paling sesuai yang dapat dilakukan oleh guru apabila tidak bisa menangani masalah yang sudah menyangkut aspek-aspek kepribadian mendalam seperti masalah kesmen (kesehatan mental) pada muritnya adalah dengan cara.....
a.Diadakannya konferensi kasus
b.Bekerjas sama dengan guru PAI
c.Memberikan konseling secara mendalam
d.Membuat rekomendasi kepada ahli yang lebih kompeten 

4. Kegiatan berkunjung ke rumah orang tua peserta didik guna memperoleh infomasi mengenai kondisi  peserta didik tersebut dinamakan kegiatan.........
a.Home visit 
b.Assesment
c.Analisis data
d.Panggilan orang tua

5. Layanan bantuan kepada peserta didik untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya adalah pengertian dari fungsi bimbingan dan konseling.......
a.Kuratif 
b.Pemahaman
c.Preventif
d.Penempatan

6. Layanan responsif adalah...
a.Layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah-masalah yang telah dilalui dimasa lalu
b.Layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah-masalah yang berbaikatan dengan masalah yang dihadapinya saat ini
c.Layanan bimbingan dan konseling berkaitan dengan masalah-masalah pribadi.
d.Layanan bimbingan dan konseling berkaitan dengan masalah-masalah belajar 

Untuk lebih jelasnya unduh soal SKB-TKB bimbingan dan konseling di tautan berikut ini:




baca juga : KUMPULAN SOAL SKB-TKB GURU KELAS/SD



Demikian pembahasan mengenai kumpulan soal seleksi kompetensi bidang (SKB) Guru mata BIMBINGAN DAN KONSELING pada CPNS tahun 2019. semoga bisa membantu. terimakasih sudah berkunjung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH SOAL SKB BIMBINGAN DAN KONSELING CPNS 2019"

Posting Komentar