DOWNLOAD APLIKASI AKPD SMP/ MTS

Salam konseling
Dunia bimbingan dan konseling itu sangat fleksibel mengikuti perkembangan jaman yang ada. Dalam pemberian layanan kepada para konseli nya, Konselor ditutut untuk santai tapi pasti. Salah satu hal awal yang perlu dipersiapkan oleh konselor adalah mendapatkan permasalahan yang ada pada diri pribadi konseli. 
Di sekolah, banyak para konselor yang masih malas mengasesment masalah pribadi anak. sehingga program kerja yang dibuatnya cenderung tidak sesuai dengan kebutuhan dan masalah anak. Padahal pada intinya setiap konseli itu berbeda-beda permasalahannya. 
Menyikapi hal tersebut, maka dibuatlah angket atau pernyataan-pernyataan yang merupakan instrument asesment masalah konseli. Kendala kemudian adalah setelah melakukan assesment kepada minimal 150 konseli ( minimal diampu oleh konselor ) konselor malas untuk menganalisis hasil assesent tersebut dikareakan banyaknya data yang harus ia baca.
Kini, melihat kendala-kendala itu sudah banyak aplikasi baik berbentuk macro, excel ataupun web yang digunakan untuk membantu konselor dalam menganalilis assesment itu. misalnya istrument IKMS, sudah ada aplikasinya, DCM AUM ITP juga sudah ada aplikasinya. Begitu pula dengan AKPD sudah memililiki aplikasi berbasis excel. dimana kesemua itu sangat memudahkan bagi para konselor dalam menganalisis hasil assesmentnya. bahkan ada beberapa aplikasi yang langsung digabungkan dengan program kerja baik tahunan semester, dan bulanan. 
APLIKASI DCM
Dari beberapa aplikasi assesment diatas ( AUM, DCM, IKMS, ITP, AKPD ) keseluruhan adalah memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengungkap masalah pribadi konseli. 

Kali ini saya akan mereview dan membagikan aplikasi AKPD karya bapak Andori. Untuk aplikasi lainnya bisa di cek d blog ini pada tab aplikasi bk. Aplikasi AKPD SMP/MTs ini sudah sangat lengkap sekali. dalam satu aplikasi saja bisa langsung mendapatkan beberapa analisis diantaranya adalah profil kelas, deskripsi kebutuhan dari hasil AKPD dan sekolah, komponen program BK, jadwal kegiatan, program tahunan, program semester, RPLBK. 
langkah penggunaan aplikasi ini juga dijelaskan secara rinci yaitu:
  1. isi identitas sekolah pada sheet home
  2. sesuaikan butir angket, deskripsi kebutuhan, rumusan tujuan dan materi pada sheet AKPD
  3. isi data konseli pada sheet entri
  4. masukan hasil jawaban pada sheet entri dengan mengisi angka 1 jika dipilih dan 0 jika tidak dipilih.
  5. jawaban akan secara otomatis masuk kedalam profil kelas, dan konseli, deskripsi hasil
untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tautan ini

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "DOWNLOAD APLIKASI AKPD SMP/ MTS "