BUKU PRIBADI SISWA ( BUKU CATATAN PRIBADI DAN PRESTASI SISWA)

Kegiatan administrasi Bimbingan dan konseling sangat lah banyak sekali. Kegiatan administrasi ini dimulai dengan kegiatan assesment kebutuhan siswa. Banyak instrument assesment yang dapat digunakan diantaranya adalah AUM ( Alat ungkap masalah ), DCM ( Daftar cek masalah) dan masih banyak lainnya lagi. Tujuan dari Assesment ini adalah penyusunan program kerja bimbingan dan konseling. Setelah kegiatan assement kebutuhan siswa dilakukan, maka kita akan mendapatkan point-point permasalahan ataupun permintaan layanan dari para peserta didik. setelah point itu kita dapatkan maka kita harus menuliskannya atau mengarsipkan nya baik dalam bentuk program kerja ataupun suatu buku. 


Buku yang dimaksud diatas adalah Buku Pribadi Siswa. Buku pribadi siswa ini merupakan buku yang digunakan untuk mencatat seluruh aktifitas siswa selama berada disuatu sekolah tertentu. 
Buku pribadi siswa ini mencakup seluruh data peserta didik ( nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, NISN, golongan darah, cita-cita, agama, dan lain sebagainya), data orang tua (nama orang tua atau wali, pekerjaan, alamat, penghasilan dan lain sebagainya), lingkungan rumah dan keluarga ( kondisi lingkungan rumah, jarak lingkungan rumah dengan sekolah), keadaan fisik dan psikis siswa, data beasiswa yang diterima, aktifitas dalam kelompok, bakat dan minat, data fasilitas belajar, hambatan belajar, rencana masa depan, ektrakulikuler yang diikuti.
Selain itu dalam buku pribadi siswa yang dikhususkan untuk peserta didik selama satu tahun, menjabarkan grafik nilai siswa per semester, dan kondisi nilai sikapnya. dibagian akhir buku pribadi siswa ini juga ada format-format layanan bimbingan dan konseling yang telah kita berikan kepada siswa atau konseli bersangkutan. format ini diantaranya adalah pelaksanaan aplikasi instrumentasi, catatan anekdot, dan kunjungan rumah.
untuk lebih jelasnya silahkan download buku pribadi ini:
DOWNLOAD

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "BUKU PRIBADI SISWA ( BUKU CATATAN PRIBADI DAN PRESTASI SISWA)"