cara berkomunikasi dengan baik

berkomunikasi merupakan suatu keharusan mutlak yang harus kita kuasai, karena komunikasi merupakan alat hubung kita dengan orang lain, dan alam. setiap tingkah laku seseorang secara verbal maupun non verbal yang di tanggapi oaleh orang lain merupakan komunikasi. komunikasi di artikan juga sebagai proses berkirim pesan secara sadar. komunikasi memiliki 3 komponen pokok. yaitu yang memberi pesan, penerima pesan dan isi pesan itu..
bagaimana cara berkomunikasi dengan baik ?
berikut beberapa cara yang mungkin dapat anda terapkan:

awali dengan sapaan, senyum , dan saling berkenalan :
ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. maka saling berkenalan lah kalian... usahakan ketika bertemu seseorang itu selalu menyapa dan tersenyum.. loh loh .. ibadan mas... "senyum itu ibadah".

jangan suka menyombongkan diri
sikap sombong akan sangat dibenci oleh orang. berusahalah menjadi orang yang rendah hati... tapi jangan lebay.. hihi

belajar menjadi pendengar yang baik
hormatilah lawan bicaramu, ketika ia bicara, coba dengarkan dengan baik, jangan ribut, ambil makna dari apa yang dia bicarakan. tidak banyak tingkah.

bicara apa adanya
bicara secukupnya saja dan apa adanya. jangan di lebay-lebaykan dan jangan berbohong. ingat sekali berbohong selamanya akan berbohong lagi utnuk menutupi kebohongnnya itu.

selalu santai, tenang, tidak emosi
ketika kita tak sejalan dengan lawan bicara kita, sebaiknya kita harus bisa menahan diri kita. jangn mudah emosi dan kita harus tetap tanang.

pilih bahasa komunikasi yang sesuai
sesuaikan lah bahasa yang kamu gunakan, kalau dengan orang tua ya yang sopan,, jangan pakai lu, gue,, tapi kalau dengan teman sebaya ya agak santai saja jangan terlalu formal. Ingat juga.. bahasa yang kita gunakan itu harus sesuai dengan keadaan lawan bicara. misalnya orang itu jawa kita sumatra... jangan sekali-kali kamu pakai bahasa sumatra. karena orang jawa itu tidak akan ngerti. begitu juga sebaliknya. maka gunakanlah bahasa persatuan yaitu bahasa indonesia. heheheh

buatlah suasana senyaman mungkin
suasana? emmmm.. sangat berpengaruh terhadap proses komunikasi. ketika kita dengan berkomunikasi usahakan hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu itu kita handle dlu... buat suasana senyaman mungkin. oke

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara berkomunikasi dengan baik"

Posting Komentar