softwere penelusuran minat karir : SPMka

Salam BK
Demi menunjangnya ketercapaian program bimbingan dan konseling disekolah, maka kita seorang guru Bimbingan dan konseling haruslah paham bagaimana menggali potensi siswa yang ada. POtensi siswa merupakan suatu sumber daya besar bagi ketercapaian tugas perkembangan siswa.
Berkaitan dengan hal tersebut salah satu cara mencapai tugas itu adalah dengan mengetahui minat karir siswa. Bpk wahid membuat softwere tentang cara penelusuran minat yaitu Softwere penelusuran minat karir (SPMKa). Softwere penelusuran minat karir SPMka  merupakan sebuah tes yang diguanakan untuk mengetahui minta karir seseorang di bidang tertentu. Softwere penelusuran minat karir SPMka terdiri dari beberapa pertanyaan ataupun pernyataan yang jumlahnya 200 item lebih yang kesemuanya item itu berupa hal-hal yang berkaitan dengan karir.

SPMKa ini dikembangkan dari teori karirnya J.L Hollan. sedangkan Softwere penelusuran minat karir SPMka ini dikembangkan oleh drs. wahid suharmawan.
Cara kerja dari aplikasi ini adalah: 

  • kita menybarkan angket yang nantinya akan di isi oleh siswa
  • isikan hasil angket ke empty data
  • setelah itu aplikasi akan berjalan otomatis dan lihat di paoran individu dan laporan kelompok.

Hasil dari softwere penelusuran minat karir : SPMka ini nantinya dapat digunakan untuk memetakan arah minat dan bakat karir siswa. tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai pendidik dan siswa itu sendiri.

untuk lebih jelasnya silahkan download di link berikut: DOWNLOAD APLIKASI 


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "softwere penelusuran minat karir : SPMka"

  1. Asslamualaikum...bapak ...saya sudah download softwarenya...tapi masih bingung untuk entry datanya itu pakai apa yah? mksdnya pakai hurup atau angka atau kode apa gitu pak?

    BalasHapus
  2. terimakasih atas software gratisnya pak. sangat membantu kami di lapangan. cuma ada beberapa kendala dalam pengolahannya. sudah saya coba mengentry data, tetapi yg keluar pada hasil individu adalah "kode salah" dan pada kolom hasil minat karir tertulis "responden kurang konsentrasi dalam mengisi ..... padahal saya sudah mengentry semua yag diisi oleh siswa saya. mohon penjelasannya pak. sebelumnya terimakasih

    BalasHapus