FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN KONSEP DIRI

Menurut Rakhmat menyebutkan bahwa faktor “orang lain” dan “kelompok rujukan”sebagai faktor-faktor hang mempengaruhi konsep diri (dalam Alex Sobur, 2009: 517).
Menurut Verderber (dalam Alex Sobur, 2009: 518-521) sedikitnya ada tiga faktor yang mempengaruhi konsep diri, yaitu self appraisal, reaction and responses of others, dan roles you play. Kemudian Brookss menambahkan faktor lain yaitu reference group.
1)      Self Appraisal
Menunjukkan suatu pandangan yang menjadikan diri sendiri sebagai objek dalam komunikasi, atau kesan kita terhadp diri kita sendiri. Semakin besar pengalaman positif yang kita peroleh, maka semakin positif konsep diri kita. Dan sebaliknya.
2)      Reactions and respons of others
Konsep diri tidak saja berkembang melalui pandangan kita terhadap diri sendiri, namun juga berkembang dalam rangka interaksi kita dengan masyarakat. Oleh sebab itu, konsep diri dipengaruhi oleh reaksi dan respons orang lain terhadap diri kita.
3)      Roles you Play-Role taking
Adanya aspek peran yang kita mainkan sedikit banyak akan mempengaruhi konsep diri kita.  Peran yang kita mainkan adalah hasil dari sistem nilai kita. Lebih banyak peran yang kita mainkan dan dianggap positif oleh orang lain, semakin positif konsep diri kita. Semakin positif konsep diri kita, semakin baik komunikasi kita dengan orang lain.
4)      Reference Groups
Merupakan kelompok rujukan yang mana kita menjadi anggota dalam kerlompok tersebut. Komunikasi akan dapat mengembangkan konsep diri seseorang sebagai akibat dari adanya pengaruh kelompok rujukan. Semakin banyak kelompok rujukan yang menganggap diri kita positif, semakin positif pula konsep diri kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN KONSEP DIRI "

Posting Komentar