APLIKASI UNGKAP GAYA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA

Gaya belajar_ 
Pada kurikulum merdeka kegiatan assesment diagnostik merupakan kegiatan awal dan wajib dilaksanakan di awal tahun pelajaran. dimana dengan melakukan kegiatan diagnostik akan membantu mengetahui karakteristik dan latar belakang peserta didik, termasuk tentang bagaimana cara anak belajar yaitu tentang gaya belajar. 

Gaya belajar menurut calcia-murcia 2001 dapat diartikan tentang cara seseorang merasakan, berinteraksi, dan merespons lingkungan belajarnya. sedangakan ilmuan kita brown (2000) mengartikan gaya belajar dapat di gambarkan tentang bagaimana cara seseorang mengekspresikan dan memproses informasi dalam situasi belajar.

Dengan mengetahui gaya belajar seseorang maka anak kita sebagai orang tua ataupun pendidik dapat mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Dengan optimalnya cara belajar anak maka hasil belajar anak pun dapat meningkat. 

>Masih banyak sekolah yang belum menerapkan teknik pemahaman gaya belajar sehingga banyak guru masih sembarangan dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. Sembarang dalam arti tidak memperhatikan gaya belajar anak sehingga anak tidak mampu maksimal dalam menyerap pelajaran yang diberikan guru. 

MACAM-MACAM GAYA BELAJAR

Ada tiga macam gaya belajar yang biasa kita kenal, yaitu:

1. gaya belajar visual

2. gaya belajar audiotiori

3. gaya belajar kinestetis



Gaya belajar visual siswa lebih mudah menyerap pelajaran dengan cara melihat, mengamati dan lainnya. Gaya belajar audio siswa lebih mudah menyerap pelajaran dengan cara  mendengar. sedangkan kinestetis lebih cenderung ke praktik.
Dengan banyaknya masalah yang dihadapi para guru di sekolah maka diperlukan adanya observasi dan penentuan jenis-jenis gaya belajar pada siswa. sehingga proses PBM dapat berjalan dengan baik dan maksimal yang bermuara pada pencapaian Tujuan pembelajaran secara maksimal.
Banyak teknik yang dapat digunakan dalam pengungkapan jenis-jenis gaya belajar pada siswa diantaranya adalah dengna angket kuisioner ungkap gaya belajar. Angket-angket ini berupa item-item yang dapat menggambarakan ketiga gaya belajar diatas.  
Berikut adalah salah satu contoh aplikasi sedeerhana yang dapat digunakan untuk menganalisis gaya belajar siswa. aplikasi ini berbasis excel yang dikombinasikan dengan google form. aplikasi ini tentunya akaan mempermudah bapak ibu guru dalam menginput hasil dari angket. sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

langkah awal adalah kita membuat angket form pada google form yang nantinya kita sharedkan ke grup kelas. setelah di dapatkan data barulah kita oleh menggunakan aplikasi ini.

Cara menggunakan aplikasi ungkap gaya belajar:

1. unduh applikasi pada tautan di bawah

2. isikan identitas pada tab identitas sekolah

3. isikan data peserta didik ( bisa di copy paste dari data kita)




4. isi pada tab sesuai hasil angket pada google form

5. untuk melihat hasil silahkan klik tab pada analisis per siswa dan per kelas.

6. klik ctrl+p atau print

DOWNLOAD APLIKASI DISINI


>Download

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "APLIKASI UNGKAP GAYA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA"