DOWNLOAD PERMENDIKBUD NO 14 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)

Salam Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) RI NO 14 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU pada tingakatan Taman Kanak-kanak, SD, SMP, SMA dan SMK atau sederajat. Permendikbud ini dikeluarkan sebagai pengganti Permendikbud No 17 Tahun 2017 Yang dianggap sudah tidak sesuai dengan perkembangan kebutuhan layanan pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) RI NO 14 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ini memiliki tujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru agar dapat berjalan dengan objektif, transparan, akuntabel, non diskrimatif, dan berkeadilan dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan. 
Pada pasal 3 dan 4 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) RI NO 14 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU dijelaskan mengenai beberapa hal. yaitu
Pasal 3 dinyatakan 1) Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melaksanakan PPDB dimulai pada bulai Mei setiap tahun. 2) Proses pelaksanaan PPDB dimulai dari tahap pengumuman secara terbuka penerimaan calon peserta didik baru pada sekolah yang bersangkutan sampai dengan tahap penetapan peserta didik setelah proses daftar ulang. 3) Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah wajib mengumumkan secara terbuka proses pelaksanaan dan informasi PPDB paling sedikit mengenai persyaratan, proses seleksi, daya tampung, biaya pungutan khusu  SMA/SMK dan hasil penerimaan peserta didik baru.
Pelaksanaan PPDB dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme dalam jaringan dan luar jaringan.  Namun dalam pelaksanaannya sekolah hanya mampu melaksanakan salah satunya saja. Namun lebh diutamakan menggunakan sistem daring. 
Adapun beberapa syarat Penerimaan siswa baru sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) RI NO 14 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU:
1. Tingakatan TK
  1. berusia 4 -5 tahun untuk kelompok A; dibuktikan denga akta kelahiran dan dilegalisir oleh luran setempat sesuai dengan domisili.
  2. berusia 5-6 tahun untuk kelompok B.

Untuk lebih jelasnya. silahkan download di link berikut.....


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DOWNLOAD PERMENDIKBUD NO 14 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) "

Posting Komentar