Juklak Juknis FLS2N SD Tahun 2020

Salam pendidikan
Pendidikan dasar merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pembinaan karakter anak agar tumbuh dan berkembang secara seimbang secara jasmani dan rohani. Kegiatan FLS2N SD bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas. Pendidikan  di sekolah dasar sebagai pondasi pembentukan karakter, rasa empati, simpati, sosial, partisipatif, dan kreatif serta penanaman nilai kepedulian terhadap lingkungan.


Petunjuk atau Juknis FLS2N SD Tahun 2020 ini disusun sebagai acuan bagi panitia penyelenggara baik dari tingkat kecamatan sampai tingkat nasional sehngga pelaksanaan FLS2N -SD dapat berjalan dengan apa yang  diharapkan.
FLS2N-SD memiliki beberapa tujuan:

  1. memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampiilkan karya kreatif dan inovatif siswa SD dalam pengembangan diri.
  2. mengespresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbabis budaya bangsa.
  3. menumbuhkembangkan daya kreativitas dan motivasi sisiwa untuk mengespresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan.
  4. menanaman dan meningkatkan apresisasi seni
  5. menumbuhkembangakan sikap kemandirian, sportivitas, dan kompetitif dalam meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi.
Pada tahun 2020 ini, sesuai dengan Juknis FLS2N SD Tahun 2020 cabang yang diperlombakan dalam FLS2N SD adalah:
  1. Seni tari
  2. menyanyi tunggal
  3. pantomim
  4. kriya anyam
  5. gambar bercerita
Tema yang diusung dalam FLS2N SD tahun 2020 ini adalah " seni membentuk kepekaan rasa terhadap lingkungan lokal dan global". 

MENYANYI TUNGGAL
Materi lomba yang dibawakan adalah lagu pilihan wajib, lagu pilihan bebas, dan lagu wajib dirgahayu indonesiaku. 
lagu pilihan wajib:
  1. "hamba menyanyi" ciptaan bing slamet
  2. "pancasila rumah" kita ciptaan franky sahilatua
  3. "doa anak negeri" ciptaan donny hardono
  4. "bakti kami" ciptaan FX. sutopo
lagu pilihan bebas : merupakan lagu daerah yang dipilih dan dipersiapkan oleh peserta sesuai dengan daerahnya masing-masing. 
lagu wajib dirgahayu indoensiaku ciptaan husein mutahar.


SENI TARI
Sesuai dengan Juknis FLS2N SD Tahun 2020 lomba seni tari adalah lomba tari ciptaan baru yagn gagasannya atau temanya berangkat dari suatu tempat atau lokasi di luar ruangan atau ruang publik. Tema karya tari yang di usung pada FLS2N SD tahun 2020 ini adalah mengakat hal- hal yang berkaitan dengan;

  1. Anak dengan lingkungan alam pesisir
  2. Anak dan lingkungan keseharian ( taman kota atau kampung)
  3. Anak dan lingkungan budaya ( museum atau bangunan tua bersejarah) 

PANTOMIM
Pantomim adalah seni pertunjukan imajinatif yang memvisualisasikan suatu objek atau benda tanpa kata-kata serta dapat menyampaikan rasa dan pesan melalui gerak tubuh dan mimik wajah. Tema dalam lomba pantomim tahun 2020 ini sesuai dengan juklak fls2n SD tahun 2020 adalah:

  1. Babak Penyisihan : “Cita-citaku” (imajinasi anak tentang profesi masa depannya) 
  2. Babak Final : “Menjaga kesehatan” (budaya bersih dan sehat dimulai sejak kecil)

GAMBAR BERCERITA
Gambar Bercerita adalah gambar yang memiliki narsi ‘literasi visual’ yang tujuannya menceritakan proses kejadian/peristiwa melalui bahasa gambar, tanpa perlu ada penjelasan tulisan. Gambar tersebut dapat menceritakan tentang persoalan kehidupan sehari-hari, kegiatan sehari-hari, kejadian atau peristiwa tertentu, misalnya; peristiwa sejarah/legenda/mitos, kejaDian luar biasa bencana alam, proses gotong-royong menyelesaikan permasalahan lingkungan, proses belajar mengajar di sekolah dengan berbagai aktivitasnya. 
Gambar bercerita tersebut harus dapat menunjukkan proses kejadian atau peristiwa berkesinambungan dalam suatu bingkai dan bukan sekedar photo scene (stop moment/moment opname) dari kegiatan, kejadian atau peristiwa saja, tetapi  memiliki proses gambar bercerita yang menunjukkan perbedaan waktu awal sampai akhir dalam suatu bidang gambar. Gambar bercerita biasanya ditampilkan melalui bahasa tubuh/gerak tubuh (gesture), ekspresi wajah, dan objek-objek pendukung lainnya. Unsur-unsur rupa dalam gambar bercerita berbeda dengan cerita bergambar (komik), juga bukan gambar ilustrasi dalam buku cerita. 
download juga juklak O2SN ( KOSN ) SD tahun 2020
KRIYA ANYAM
seni kriya merupakan ekspresi uangkapan seni terapan dalam berntuk yang dibuat dalam jumlah terbatas, menonjolkan teknik keterampilan dalam mengolah material dan metode tertentu.  Ketentuan seni kriya dalam hal ini dijelaskan dalam juklak FLS2N SD tahun 2020 adalah:
  1. Peserta akan memamerkan tiga buah karya, yaitu: 1 (satu) karya hasil dari lomba yang sudah dibuat dan dibawa dari tingkat provinsi masing-masing, serta 2 (dua) karya yang dibuat pada saat lomba tingkat nasional tersebut.
  2. Karya tingkat nasional memiliki tema dan spesifikasi yang berbeda dengan karya yang dihasilkan pada tingkat provinsi.
  3. Spesifikasi karya kriya anyam di tingkat nasional akan diberitahukan pada pertemuan teknis (technical meeting) sebelum lomba dilaksanakan.
  4. Lomba  Kriya  Anyam Tingkat Nasional 2020 akan menggunakan material limbah kertas (kertas koran, majalah, kalender, dan lain sebagainya) beserta material pendukungnya.
  5. Hak cipta dan proses pembuatan karya kriya anyam sepenuhnya menjadi hak milik peserta.
untuk lebih jelasnya silahakan download juklak juknis FLS2N SD tahun 2020 dibawah ini

Download juklak  


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juklak Juknis FLS2N SD Tahun 2020"

Posting Komentar