Contoh laporan pembelajaran secara daring

Salam pendidikan
Semoga kita semua dijauhkan dari pandemic covid 19 ini. Baik kali ini saya akan coba berbagi mengenai salah satu tugas dan kewajiban seorang guru yaitu pembuatan laporan. Sama kita ketahui bahwasanya kita para pendidik ini dalam pandemic ini dituntut untuk tetap memberikan pembalajaran kepada para peserta didik walaupun tidak secara langsung bertatap muka. 

Kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan tugas, ataupun pembelajaran secara daring maupun semi daring menggunakan jaringan internet. Seperti beberapa sekolah yang ada misalnya, mereka menggunakan system daring yaitu menggunakan aplikasi video conference. Dimana dengan itu mereka antara guru dan murid dapat bertatap muka secara langsung baik via laptop ataupun smartphone. 
Ada sekolah lain juga yang sama temukan menggunakan semi daring, yaitu via chat whatsapp ataupun kaizala. Dimana para pendidik memberikan soal ataupun materi lalu siswa menjawab secara offline lalu di foto dan dikirim ulang dengan tenggang waktu tertentu.
Kasus ketiga adalah dengan menggunakan tatap muka seminggu sekali. Dalam artian tatap muka ini adalah bukan tatap muka seperti sekolah biasanya, melainkan siswa di berikan tugas  mengerjakan dirumah, lalu dikumpulkan misalnya seminggu kemudian.
Nah, dari beberapa gambaran teknik dan cara pembelajaran dalam kasus covid 19 ini tentunya ada hal akhir yang perlu kita lakukan yaitu bagaimana kita memberikan pelaporan akan kegiatan yang sudah kita lakukan. Banyak kalangan pendidikan bertanya bagaimana laporan atau format laporan yang benar. Hal ini sangat penting bagi para pendidik, karena di sebagaian daerah laporan ini merupakan salah satu syarat untuk pencairan TPP ataupun tunjangan lainnya. Sehingga dituntut untuk segera dilaporkan kegaitan itu. 
Kembali kepada bagaimana laporan ini dibuat,. Pada dasarnya semua format tidak ada yang baku, tergantung dinas terkait. Misalnya di kabupaten atau kota ini menghendaki seperti A belum tentu sama di kota B yang meminta format seperti ini. Yang jelas dalam format laporan pembelajran daring kita harus kita sertakan secara detail apa saja yang sudah kita kerjakan. Laporan sederhana yang dapat kita buata adalah
Cover
Pengesahan
Jadwal pembelajaran daring : jadwal kegiatan pembelajaran daring bisa dibuat fleksibel per kelas atau kelas banyak. Buat semudah mungkin 
Laporan inti : Laporan inti pelaksanaan pembelajaran daring berisi tentang:
  1. Siapa yang memberikan pembelajaran ( guru atau konselor )
  2. Kelas yang diampu (
  3. Mata pelajaran yang diajarkan 
  4. Tema atau subtema atau KD pembelajaran
  5. Materi pembelajaran yang dilaksanakan
  6. Waktu yang digunakan ( waktu pembelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat)
  7. Peserta didik yang mengikuti dan tidak mengikuti ( bisa berupa absensi manual ataupun digital sesuai aplikasi yang digunakan. Alasan peserta didik tidak mengikuti kelas daring atau semi daring juga di jelaskan ).
  8. Deskripsi kegiatan ( berupa alur kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir ).
  9. Lampiran foto kegiatan atau hasil dari tugas

berikut ini ada beberapa contoh laporan pembelajaran secara daring.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Contoh laporan pembelajaran secara daring"