Cara Mengenali Bakat Siswa Didik


Cara Mengenal Bakat di Bidang Akademis
Bakat akademis adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam bidang mata pelajaran. Seseorang dapat mengetahui bakatnya dalam bidang akademis dengan melihat nilai rapor pengalaman yang dimiliki.
Untuk melihat bakat akademis yang anda milik, anda dapat merinci nilai rapor yang  anda miliki sejak SD sampai sekarang. Dari nilai-nilai rapor tersebut anda dapat melihat kecenderungan bakat akademis anda. Beberapa cara menemukan bakat menurut Renzulli (Gunarsa& Gunarsa, 1991):
1.      Pendekatan Psikometri
Yaitu suatu tehnik yang dipakai untuk melakukan penilaian dan pengukuran aspek psikis, antara lain dengan:
-          Tes intelegensi
-          Tes prestasi belajar
-          Tes bakat dan kemampuan khusus (meliputi kreatifitas, penalaran, bakat mekanik, angka-angka dan kemampuan verbal)

2.      Hal-hal yang Terlibat dalam Perkembangan
Ada tempo perkembangan dengan akselerasi sesuai dengan keadaan dan kematangannya.
3.      Penampilan yang meliputi Prestasi dan Perilaku
Mengenai hal ini, lebih mudah dilihat di sekolah melalui prestasi formal, yakni angka-angka yang dicapainya.
4.      Pendekatan Sosiometri
Melalui cara tidak formal oleh lingkungan sosial, lingkungan permainan, pergaulan maupun oraganisasi, yang mengamati dan menilai adanya bakat anak yang luar biasa, dan karena itu bisa pula memperlakukan mereka secara khusus.
Cara Mengenal Bakat Pada Kemampuan Yang Lain
Selain bakat akademis seseorang juga memiliki bakat kemampuan yang lain seperti dalam bidang olah raga, kemampuan dalam bidang kesenian dan ketrampilan. Kemampuan tersebut dapat dilihat melalui prestasi kegiatan tersebut.
Cara Mengenal Sifat-Sifat yang Menunjang Pengembangan Bakat
Sifat yang dimiiki seseorang akan mempengaruhi perkembangan bakat. Sifat seseorang dapat diketahui melalui jenis kegiatan yang dilakukan dan hasil yang telah dicapai. Tiap orang memiliki sifat yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Ada orang yang cepat  mendapatkan teman, ada pula yang tidak. Ada orang yang lebih senang bekerja sendiri, adapula orang yang senang bekerja kelompok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengenali Bakat Siswa Didik"

Posting Komentar