Definisi Bimbingan dan Konseling

bimbingan dan konseling merupakan gabungan dua kata yaitu "bimbingan" dan satu lagi "konseling". kata bimbingan merupakan terjemahan dari kata guidance yang mengandung arti proses menunjukkan, menuntun, mengatur, mengarahkan, dan pemberian nasehat.
bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa/ konseli dalam rangka agar konseli menemukan kepribadiannya, agar mengenal lingkungannya, dan merencanakan masa depannya  (pasal 27 PP no. 29/90)
bimbingan merupakan bagian dari proses pendidikan yang bersifat teratur serta sistematik yang berguna membantyu pertumbuhan anak atas kemampuan dan menentukan arah didupnya. (Lefever dalam Mc. Daniel 1995)

sedangkan konseling berasal dari terjemahan kata counselling dengan arti bersama, memahami, menerima. sedangkan dalam bahasa Anglo Saxon yaitu "Sellan" yang memmiliki ari menyerahkan atau menyampaikan.
ASCA (american school counselor association) mengungkapkan konseling yaitu hubungan tatap muka yang bersifat rahasia, bersifat suka rela, dan penuh penerimaan dan pemberian kesempatan dari konselor kepada konseli. 
sedangkan Donald G. Morteson dan Alan M Muller mengemukakan konseling ialah suatu proses hubungan seseorang dengan orang lain, dimana orang tsb dibantu oleh orrang lain untuk meningkatkan kemampuan diri dalam megnatasi masalahnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Bimbingan dan Konseling"

Posting Komentar