TEKNIK KHUSUS PEMULIHAN TRAUMA

Trauma adalah suatu kejadian yang sangat luar biasa yang melebihi batas daya tahan psikologis seeseorang yang mana kejadian itu menyebabkan orang yang mengalaminya menjadi takut, tertekan dan tidak nyaman.

ada beberapa teknik khusus dalam mengangani atau menyembuhkan trauma. dimana teknik itu dinamakan sebagai terapi. karena tidak instan dalam penyembuhannya, memerlukan waktu yang lumayan lama.
berikut beberapa teknik khusus yang dapat kita lakukan dengan mudah:

1. teknik meditasi sentuhan

teknik yang paling sederhana dari meditasi sentuan adalah:

  • genggam salah satu jari anda dengan tangan lainnya
  • tariklah nafas anda dalam-dalam dan pertahankan sejenak
  • rasakan perasaaan yang beda dan kuat atau perasaan yang mengganggu didalam diri anda
  • lalu hembuskan nafas secara perlahan seolah-olah udara dalam tubuh anda habis
  • lakukan selama 2-3 menit.
setelah itu lakukan pada jari lainnya untuk digenggam. durasinya sama.

2. TAT ( Tapas Acupressure Tecnique)

teknik ini dekembangkan oleh lembaga Green Cross ( seperti Palang merah) yaitu teknik khusus untuk pemulaihan trauma. teknik ini dilakukan dengan menyentuh ringan beberapa titik akupultur dikepala sambil mengarahkan perhatian pada masalah yang ingin diatasi. 
Bentuk penguattan TAT yag paling mendasar adalah cukup lakukan posisi TAT dan amati masalahnya.
posisi TAT adalah : 

  1. sentuhlah dengan ringan salah satu ujung ibu jari anda dengan suddut dalam salah satu mata, dengan ujung jari manis dari tangan yang sama, sentuhkan dengan ringan pada sudut dalam mata yang lain. titik tersebut berada di ujung dalam mata dna naik ke atas sekitar 3 mm dari ujung mata dlaam tersebut.
  2. sentuhkan dengan ringan tangan yang sama, ujung jari tengah anda d titik yang berada diantara kedua alis dan nal keatas kurang lebih 1 cm.
  3. sekarang letakkan tangan yang masih bebas di belakang kepala anda, dengan telapak tangan menyentuh belakang kepala hingga ibu jari anda dibatas rambut belakang paing bawah. 
  4. untuk anak di bawah 11 tahun, tangan yang berada di depan kepala diubah mejadi seluruh telapak tangan diletakkan di kening depan dan menutup setengah mata bagian atas. 
  5. setiap langkah TAT biasanya sekitar 1 menit atau hingga merasa sudah selesai. rasa itu ditandai dengan : menghela nafas secara spontan terasa lega, terasa nyaman tidak tercengkram maslah, perhatian beralih kehal lain, dll

3. Terapi Relaksasi
  • relaksasi otot : klien diminta untuk menegangkan dan mengendurkan ototnya. relaksasi otot adalah cara untuk merilekskan kondisi pikiran tubuh melalui otot.
  • relaksasi visualisasi : klien diminta untuk membayangkan suatu tempat yang ia suka dan ia merasa aman.
  • relaksasi pernafasan : klien diminta untuk melakukan pola nafas secara teratur, dengan memberikan perhatian penuh pada nafasnya.
  • relaksasi imajinasi : membuat tempat kedamaian dengan imajinasi






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKNIK KHUSUS PEMULIHAN TRAUMA"

Posting Komentar