layanan pendidikan bagi anak autisme

Pada umumnya anak-anak berkebutuhan khusus bersekolah di sekolah yang namanya SLB (sekolah luar biasa) yang memang diperuntukkan bagi mereka yang dapat dikatakan berbeda dengan anak-anak lainnya. selain SLB, anak-anak Autisme juga dapat memperoleh  pendidikan khusus yaitu di pendidikan terpadu dan sekolah inklusif
pendidikan terpadu adalah model pelayanan pendidikan bagi anak ABK yang diselenggarakan bersamaan dengan anak normal dalam satuan tiingkat pendidikan tertentu yang bersifat reguler (sd, smp, sma dan smk).
sekolah inklusif adalah suatu layanan pendidikan yang mengikutsertakan anak ABK untuk belajar bersama dengan anak sebayanya di sekolah reguler.
selain ketiga tersebut,  layanan pendidikan bagi anak autis adalah:
  1. sekolah khusus autis: sekolah khusus hanya untuk para penyandang autis, terutama yang tidak memungkinkan dapat mengikuti pendidikan di sekolah reguler. sekolah ini difokuskan pada program fungsional yang meliputi : bina diri, bakat dan minat sesuai potensi.
  2. program sekolah di rumah: diperuntukkan bagi anak yang tidak mampu mengikuti pendidikan disekolah khusus secara keterbatasan. misalnya: anak yang non verbal, anak yang memiliki gangguan mental atau gangguan motorik serius.
  3. panti rehabilitasi : diperuntukkan bagi anak autis yang udah sangat parah.

beberapa sekolah yang khusus menangani anak autis antara lain:

  • SLB FAJAR NUGRAHA. seturan 81 A catur tunggal, depok, sleman, DIY. Telp: 0274-516442, 517273
  • sekolah harapan bunda. surabaya. pucang jajar tengah 81 surabaya. 031-5024220
  • mandiga ( mandiri dan bahagia) Jl. erlangga II No 12 kebayora baru. Jaksel. telp- 7220178
  • sekolah harapan aisyiah. Jl. bayangkara no 65. mojokerto, Jatim. telp. 0321- 391236

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "layanan pendidikan bagi anak autisme"

Posting Komentar