PENGERTIAN KONSEP DIRI MENURUT PARA AHLI


Konsep diri adalah gagasan tentang dirinya sendiri yang mencakup keyakinan pandangan dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. (Desmita, 2009:164).

Konsep diri merupakan suatu kepercayaan mengenai keadaan diri sendiri yang relative sulit diubah. Konsep diri tumbuh dari interaksi seseorang dengan orang lain yang berpengaruh dalam kehidupannya, biasanya orang tua, guru, dan teman-teman (Slamato, 2003:182).
Menurut G.H. Mead (1934) menyebut konsep diri sebagai suatu produk sosial yang dibentuk melalui proses internalisasi dan organisasi pengalaman-pengalaman psikologis (dalam Slamato, 2003:182).
Menurut Alex Sobur  (2009: 507)  konsep diri adalah semua persepsi kita terhadap aspek diri yang meliputi aspek fisik, aspek sosial, dan aspek psikologis, yang didasarkan pada pengalaman dan interaksi kita dengan orang lain. Adapun Goss dan O’hair (1988: 43) menunjukkan bahwa suatu konsep diri mengacu pada cara anda menilai diri anda sendiri, seberapa besar anda berfikir bahwa diri anda berharga sebagai seseorang (dalam Alex Sobur, 2009: 507).
Sedangkan Centi mengemukakan konsep diri merupakan gagasan tentang diri sendiri (dalam Surya Bintarti, 2013: 95)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN KONSEP DIRI MENURUT PARA AHLI"

Posting Komentar