cara meningkatkan rasa percaya diri

Cara yang paling utama untuk meningkatkan keprcyaan diri adalah kemauan untuk mengubah diri tanpa ada paksanaan (SDW Candra Sangkala, 2010: 197).
Menurut SDW Candra Sangkala (2010: 197 - 200) cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah sebagai berikut:
1)      Berani menerima tanggung jawab
Salah satu kunci untuk menumbuhkan rasa percaya diri yaitu berani menerima resiko dengan segala dampak dan akibatnya.
2)      Kembangkan nilai positif
Menurut Robert Anthony dalam SDW Candra Sangkala, (2010:198), Salah satu cara untuk mengembangkan nilai positif adalah dengan menghilangkan ungkapan-ungkapan yang mematikan dan menggantikannya dengan ungkapan-uangkapan yang kreatif.
3)      Bacalah potensi diri
Bisa dilakukan dengan bertanya kepada teman, termasuk juga mengikuti psikotes dan mendatangi para ahli untuk melacak pootensi kita.
4)      Berani mengambil resiko
Keberanian dalam mengambil resiko ini penting. Sebab, darpada menyerah pada rasa takut, alangkah baiknya belajar megambil resiko yang masuk akal. Cobalah menerima tantangan, kendati terasa menakutkan.
5)      Tolaklah saran negatif
Ada baiknya kita sedikit mengambil jarak dengan sebijak mungkin bila ada pihak yang mencoba melunturkan kepercayaan diri kita.
6)      Ikuti saran positif
Rasa percaya diri merupakan sesuatu yang menular. Artinya, jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki cara pandang positif, bersemangat, dan optimis, maka kita cenderung meniru sifat tersebut.
7)      Jadikan keresahan menjadi kawan

Banyak peristiwa  dalam kehidupan yang dapat membuat kita merasa cemas yang berakibat pada krisis percaya diri. Saat itulah kita harus memulai mengingatkan diri sendiri bahwa rasa cemas dan gelisah adalah kawan. Tingkatkan energi, tajamkan kecerdasan, asah kewaspadaan, dan latih panca indra. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara meningkatkan rasa percaya diri"

Posting Komentar