Faktor Yang Memperngaruhi Rasa Percaya Diri

Menurut Suwarjo dan Imania Elisa (2011: 74-75) ada beberapa faktor yang dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri, diantaranya adalah:
1)      Pengenalan diri
Mutlak diperlukan bagi siapa saja untuk mengenali dirinya sendiri, segal kekurangan dan kelebihan diketahui untuk meningkatkan perkembangan sikap pribadi.
2)      Umpan balik
Sarana yang efektif untuk berinteraksi baik dengan diri sendiri maupun dengan lingkungannya untuk memperoleh jati diri kita yang sebenarnya agar mempermudahkan perkembangannya.
3)      Upaya pembentukan sikap
Sebuah upaya untuk mengembangkan segi positif dan mengatasi segi negative yang dimiliki sehingga mampu memupuk sikap-sikap positif sesuai dengan peran anda.
4)      Pengembangan diri
Hendaklah sejalan dengan penyesuian terhadap lingkungan sosial, yang dapat membangkitkan rasa  puas, karena selain anda mampu mengembangkan diri, lingkungan pun bisa menerima diri kita dengan baik.
Menurut Surya Bintarti (2013: 94-97) kepercayaan diri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat di golongkan menjadi dua, yaitu:
1)      Faktor internal
a)      Konsep diri
Terbentuknya kepercayaan diri pada seseorang diawali dengan perkembangan konsep diri yang diperoleh dalam pergaulan sutu kelompok. Seseorang yang memiliki rasa rendah diri biasanya memiliki konsep diri negatif. Sebaliknya, orang yang memiliki rasa percaya diri akan memiliki konsep diri positif.
b)      Harga diri
Orang yang memiliki harga diri yang tinggi akan menilai pribadi secara rasional dan benar bagi dirinya serta mudah mengadakan hubungan dengan individu lain. Orang yang mempunyai harga diri tinggi cenderung melihat dirinya sebagai individu yang berhasil percaya bahwa usahanya mudah menerima orang lain sebagiamana menerima dirinya sendiri. Begitu pula sebaliknya, orang yang mempunyai harga diri rendah akan bersifat tergantung, kurang percaya diri.
c)      Kondisi fisik
Perubahan fisik juga berpengaruh pada kepercayaan diri. Menurut Anthony penampilan  fisik merupakan penyebab utama rendahnya harga diri dan percaya diri seseorang (dalam Surya Bintarti, 2013: 95).
d)     Pengalaman hidup
Lauser dalam Surya Bintarti (2013: 96) mengatakan bahwa pengalaman yang mengecewakan adalah yang paling sering menjadi sumber timbulnya rasa rendah diri. Lebih-lebih jika pada dasarnya seseorang memiliki rasa tidak aman, kurang kasih sayang, dan kurang perhatian.
2)      Faktor ekstrnal
a)      Pendidikan
Menurut Anthony dalam Surya Bintarti (2013: 96) tingkat pendidikan yang rendah cenderung membuat individu merasa dibawah kekuasaan yang lebih pandai. Sebaliknya, individu yang pendidikannya lebih tinggi cenderung akan menjadi mandiri dan tidak perlu bergantung pada individu lain.
b)      Pekerjaan
Rasa percaya diri dapat muncul dari pekerajaan, selain materi yang diperoleh.
c)      Lingkungan dan pengalaman hidup

Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan keluarga dan masyarakat. Semakin tinggi dukungan dari mereka maka akan memberi rasa aman dan nyaman serta percaya diri akan tinggi. Sedangkan pembentukan percaya diri juga bersumber dari pengalaman pribadi yang dialami seseorang dalam perjalanan hidupnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor Yang Memperngaruhi Rasa Percaya Diri"

Posting Komentar