DAFTAR CABANG LOMBA OSN, O2SN, FLS2N, OPSI, OLSN DAN GSI SMP TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

Salam Pendidikan!

Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) negara ini agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain baik di tingkat nasional ataupun internasional, sesuai dengan UU no 20 tahun 2003 tentang sisdiknas dan peraturan dibawahnya, 
Merupakan suatu indikasi yang real pemerintah Indonesia dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) agar mampu bersaing dalam era keterbukaan dan globalisasi.
Berbaitan dengan hal tersebut, beberapa upaya yang dilakukan oleh Pemerintah diantaranya melalui digalakannya perlombaan yang dihelat oleh Direktorat Pembinaan SMP, DirJendikdasmen, Kemdikbud. Maksud dari diadakannya lomba-lomba ini tak lain adalah sebagai wadah penyaluran bakat dan minat siswa sehingga mampu menggali potensi yang ada pada dirinya.
Adapun perlombaan itu adalah:


OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP merupakan wahana pengembangan kompetensi siswa baik SMP, MTs dan sederajat di seluruh Indonesia. Ada beberapa cabang mata pelajaran yang dilombakan. yaitu:

  1. Matematika
  2. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
  3. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
OLIMPIADE OLAHRAGA SISWA NASIONAL (O2SN)

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Merupakan ajang pesta olahraga bagi seluruh siswa. Pada tahun 2018 ini cabang perlombaan yang masih di pertandingkan sama dengan cabang perlombaan pada tahun 2017 lalu, yaitu:
  1. Batminton 
  2. Atletik
  3. Renang
  4. Pencak Silat
  5. Karate

FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N)

Dalam rangka pemberian gerak bagi siswa dalam upaya pengembangan kreativitas dan potensi siswa dalam bidang seni baik rupa, musik, tari, vokal maka pemerintah membentuk ajang yang bernama FLS2N. Kementrian pendidikan memandang perlunya untuk menyelenggarakan aktivitas seni untuk mewadai ekspresi dan kreativitas siswa.
Melalui seni diharapkan siswa dapat membangkitkan potensi dan talenta yang ada sebagai warga negara yang dapat memperlihatkan prestasi karya, sekaligus kebanggaan dunia pendidikan khususnya dan umumnya untuk  bangsa tercinta ini. Maka tahun ini Direktorat pembinaan SMP kembali menyelenggarakan Festival dan lomba seni siswa nasional.
Pada tahun ini ada beberapa cabang lomba yang adakan dilaksanakan, yaitu:

  1. Musik Tradisional
  2. Seni Tari
  3. Menyanyi Solo
  4. Gitar Solo
  5. Desain POster

OLIMPIADE PENELITIAN SISWA NASIONAL (OPSI)

OPSI merupakan ajang kompetisi siswa di bidang karya ilmiah yaitu kegiatan penelitian bagi siswa SMP/MTs sederajat yang tergabung dalam kelompok ilmiah remaja (KIR). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan daya saing raginal seperti tertuang dalam RPJMN 2015-2019, memewujudkan visi kemdikbud 2025, yaitu Menghasilkan insan Indonesia cerdas dan berkarakter, dan untuk memperkuat implementasi K13 guna meningkatkan mutu pendidikan nasional. Selain itu, dengan adanya OPSI ini diharapkan dapat memberikan ruang bagi para siswa dalam KIR dan guru serta sekolah untuk dapat berperan dalam pengembangan IPTEKS.
Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) memperlombangan tiga bidang yaitu:
  1. IPA dan lingkungan
  2. IPS kemanusiaan
  3. Seni, Ilmu teknologi da rekayasa
GALA SISWA INDONESIA (GSI)

Gala siswa indonesia merupakan perlombaan sepak bola bagi para siswa, yang dulunya adalah LPI.  Gala Siswa Indonesia merupakan buah kerjasama dari Direktorat pembinaan SMP, dirjen dikdasmen kemdikbud dengan PSSI dan KONI. Juara 1 tingkat nasinal akan mengikuti kejuaraan internasional.

OLIMPIADE LITERASI SISWA NASIONAL (OLSN)

Kegiatan OLSN ini diselenggarakan sebagai suatu upaya dari pemerintah dalam hal meningkatkan kualitas siswa dibidang sastra dan seni, sekaligus berupaya mengimplementasikan nilai penumbuhan budi pekerti, memacu kreatifitas seni untuk memperkuat pendidikan karakter melalui budaya dan sastra.
Selain hal tersebut, OLSN juga dapat membangkitkan semangat para siswa/i untuk mensosialisasikan seni dan sastra masing-masing daerah. yang akhirnya setiap orang mampu menghargai, menyukai dan mengapresiasi seni dan budaya masing-masing daerah.
Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) memperlombakan empat cabang lomba, yaitu:
  1. Cipta Puisi
  2. Cipta Cerpen Berbahasa Indonesia
  3. Story Telling
  4. Debat Berbahasa Indonesia
Sumber: ditpsmp.kemdikbud.go.id/
Baca Juga:
Mengantisipasi Perubahan Cabang Lomba pada Lomba O2SN dan FLS2N tahun 2018

Juknis o2sn dan fls2n SMP tahun 2018

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DAFTAR CABANG LOMBA OSN, O2SN, FLS2N, OPSI, OLSN DAN GSI SMP TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018"

Posting Komentar