Bidang Layanan dalam Bimbingan dan Konseling

layanan-layanan konseling :
  1. layanan orientasi :  layanan yang diberikan guna membantu peserta didik dalam memahami lingkungan barunya, terutama lingkungan sekolah dan sekitarnya serta objek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta memberikan kemudahan, tidak mempersulit peran peserta didik di lingkungan barunnya.
  2. layanan informasi : layanan yang di tujukan kepada peserta didik berupa penyampaian berbagai data ataupun infoemasi agar mereka mampu mengolah dan mendayagunakan informasi itu dengan baik demi kepentingan dirinya dan perkembangannya. 
  3. layanan penempatan dan penyaluran : layanan untuk membantu peserta didik yang mengalami ketidak sesuaaian antara potensi dan keinginan, juga layanan dalam hal membantu penempatan person dalam lingkungan yang cocok dengan dirinya.
  4. layanan penguasaan konten: layanan yang di berikan kepada peserta didik agar mampu menguasai konten-konten tertentu.
  5. layanan konseling perorangan: 
  6. layanan konseling kelompok:
  7. layanan bimbingan kelompok:
  8. layanan mediasi: layanan yang dilaksanakan oleh konselor terhadap dua orang atau lebih yang sedang menghadapi situasi yang kurang harmonis. layanan ini disebut juga layanan perantara.
  9. layanan konsultasi: suatu layanan bantuan yang membahas tentang masalah pihak ketiga. misalnya: anak, kawan. bantuanya berupa memandirikan klien agar mampu mnghadapi si pihak ketiga tadi. jika konselor tidak mmpu membantunya maka konselor bisa mereferalkan kepihak lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bidang Layanan dalam Bimbingan dan Konseling"

Posting Komentar