Bimbingan dan Konseling Keluarga

Pengertian bimbingan dan konseling keluarga adalah gabungan dari dua pengertian, yaitu pengertian keluarga dan pengertian bimbingan dan konseling.
Bimbingan adalah  proses pemberian bantuan oleh konselor kepada klien yang tidak memiliki masalah. Konseling adalah proses pemberian bantuan oleh konselor kepada klien yang memiliki masalah agar supaya kehidupannya menjadi bahagia.
Keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang saling memiliki keterkaitan antara satu dan lainnya yang diartikan sebagai satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai suatu kesatuan atau gabungan yang hakiki, esensial, enak dan berkehendak bersama-sama serta saling memuliakan (ki hajar dewantara).

Banyak ilmuwan didunia memiliki pandangan tentang keluarga, diantaranya adalah Sigmun Freud dan Dhurkeim. Dhurkeim mendefinisikan keluarga sebagai lembaga sosial sebagai suatu hasil dari faktor politik, ekonomi dan lingkungan. Sedangkan Sigmund Freud mengartikan keluarga sebagai bentukan karena adanya perkawinan antara pria dan wanita. Keluarga Menurutnya adalah manifestasi daripada dorongan seksual sehingga landasan keluarga adalah kehidup
an seksual antara suami dan istri.
Keluarga merupakan unit terkecil dari satuan masyarakat yang merupakan suatu mini group dalam suatu masyarakat. keluarga dibagi menjadi dua bagian:

  • nuclear family : keluarga tipe ini adalah keluarga yang terdiri dari suami, istri, dan anak mereka. atau disebut juga dengan keluarga kecil atau sering disebut dengan conjugal family.
  • extended family : keluarga tipe ini adalah keluarga besar yang terdiri dari banyak orang yaitu orang tua, anak, kakek, cucu, paman, keponakan dll. Keluarga ini disebut juga dengan conguine family.
Sehingga pengertian dari bimbingan dan konseling keluarga adalah proses pemberian bantuan kepada suatu keluarga ataupun individu dalam suatu keluarga guna pengentasan masalah sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang bahagia. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bimbingan dan Konseling Keluarga"

Posting Komentar